[CURCOL] My First Talk with Channa

Today I met Channa. O, I haven’t told you anything about Channa, right? Her full name is Channalee Channaley or I don’t know, but I accustomed to call her Channa, with ‘ceh’ not ‘seh’ ‘cha’ not ‘sha’. She comes from Spain and will stay in My Department for about 3 months. I was so excited. And yeaa today was my first time talked to Channa. Baca lebih lanjut

Iklan

Seni Mensyukuri Hidup

*note sebelum baca :

Ikhwah = saudara

antum = kamu

 

Belajarlah untuk bersyukur atas setiap hal yang Allah takdirkan menjadi kisah hidup antum, sepahit apapun, seperih apapun. Belajarlah bersyukur saat saudara antum berbahagia atas motor iritnya, sedang antum serasa tercekik dengan borosnya motor yang antum punya. Mungkin saat ini rezeki antum memang masih motor boros itu. Bukannya dengan semakin sering antum membeli bensin, semakin sering pula antum berbagi rezeki dengan para pedagang bensin? Nikmati. Hidup itu memang untuk berbagi bukan? Baca lebih lanjut

KAMMI; One Stop Organizing Organization

 

Dua ribu enam belas. Agak terlambat sih kalau mau cuap-cuap perihal keduaribuenam belasan di malam ke tujuh bulan Februari ini. So, kali ini KAMMI Tjokro nggak akan bahas perihal keduaribuenambelasan kok, tapi karena awal tahun jadi kali ini postingan KAMMI Tjokro nggak formal-formal banget dulu ya. Nah, tahun ini bukan angkanya aja yang baru; dari 2015 jadi 2016, website KAMMI Tjokro juga baru lho, dari yang sebelumnya www.kammitjokro.wordpress.com sekarang menjadi www.pktjokro.kammijember.or.id. Bantu doa ya semoga semakin banyak kontributor di rumah baru ini. Baca lebih lanjut

TOJFL (Test of Javanese as Foreign Language)

assalamualaikum. nih kalau TOEFL atau Test Of English as Foreign Language udah cetar banget, ada juga nih TOJFL (Test of javanese as foreign language) . kira kira ada yang bisa jawab ? yang Native javanese aja seperinya juga bakal kesulitan deh hhe .. selamat mengerjakan ya ..

1) Jatuh tersandung akar pohon saat berjalan:
a. Kebelet
b. Kepater
c. Kepaduk
d. Kesrimpet

2) Jatuh krn kaki masuk ke sela2 lantai yg terbuat dari bambu saat berjalan di rumah panggung:
a. Keblusuk
b. Keblasak
c. Kejengkang
d. Kecemplung

3) Saat berjalan, tdk melihat ada anak tangga di depan, shg hilang keseimbangan 2-3 langkah kemudian terjatuh:
a. Kesrimpung
b. Kejolak
c. Kesandung
d. Keblasak

4) Tukang beras sedang ngangkut beras, lalu ada lubang kecil di ujung karung, maka jatuhnya beras dari karung disebut:
a. Mbrobol
b. Tiba
c. Gigal
d. Mencelat

5) Saat nyebrang kali yg dihubungkan oleh dua batang bambu, lalu di tengah2 kehilangan keseimbangan, dan jatuh ke kali :
a. Gentawil
b. Keplarak
c. Krungkeb
d. Kepengkok

6) Kiper menahan bola jatuh, dan ditahan dg tangan lantas terkilir, disebut:
a. Kepengkok
b. Krungkeb
c. Ngglewang
d. Nglabruk

7) Anak kecil jalan di pinggir kolam, lalu ada genduruwo lewat, krn kaget dia jatuh ke kolam, disebut:
a. Mlipir
b. Kecebur
c. Mrosot
d. Kepater

8) Saat manjat pohon, lalu jatuh, tapi masih sempat megang dahan2 sblm jatuh ke tanah, disebut:
a. Gentawil
b. Lungkrah
c. Mbrasak
d. Nungsep

9) Di saku ada kelereng. Ternyata sakunya bolong, kelereng jatuh satu persatu sampai habis, jatuhnya kelereng disebut:
a. Ketlingsut
b. Mrobol
c. Moksa
d. Merad

10) Berjalan di pematang sawah, tiba2 didorong oleh teman, sampai terjatuh ke dalam sawah, disebut:
a. Ngrobyok
b. Krungkeb
c. Nyrunthul
d. Ndlesek

11. Jika Anda pusing menjawab, maka disebut:
a. Puyeng
b. Koleng
c. Nggleyeng
d. Uyeng-uyeng

12. cairan dengan viscositas sedang, keluar melalui suatu lubang dengan tekanan dan volume kecil disebut:
a. ngecrit
b. ngecrut
c. ngecrot
d. ngecrat

13. ketika berjalan dijalan yg licin, kemudian terpeleset dan jatuh kebelakang, disebut:
a. nggeblag
b. mblenthang
c. nyungsep
d. kejengkang

14. suatu benda yg terdiri dari kesatuan benda kecil kecil, yang terlepas satu persatu bagian bagiannya karena kehilangan sifat kohesi. proses tersebut dinamakan:
a. mrithili
b. mrotholi
c. mbredheli
d. nggregeli

15. meminum suatu cairan langsung dari tempat aslinya tanpa dipindah ke media yg lain:
a. ngokop
b. nyruput
c. nyerot
d. mengkirig

16 membuka paksa suatu lubang sempit yg elastis dengan menggunakan ibu jari kanan dan kiri:
a. ngrogoh
b. nyuthik
c. njembeng
d. nyethot

17 nyethot (A) vs njiwit (B), hubungan kadar rasa sakitnya adalah:
a. A>B
b. A<B
c. A=B
d. semua jawaban benar

18. Merkengkong =
a. Sulit
b. Dilema
c. Mustahil
d. Tanggung

19. Bau yang kurang jelas disebut :
a. Prengus
b. Kecing
c. Penguk
d. Ting klenyit

20. Berantakan =
a. Ting klenyit
b. Ting besasik
c. Ting penthalit
d. Ting klejing

Aku Tidak Mau Mati, Pak!

Bapak aku tak ingin disini bapak. Bapak diam menatapku. Dalam. kenapa? Aku takut bapak aku takut. Disini banyak orang mati bapak. Tadi pagi di tempat pengisian bensin ada seorang lelaki sepertimu. Lebih tua darimu. Dia meminta bantuan ke sekelilingnya. Meminta bantuan untuk mengangkat benda berat ke motor tuanya. tapi tak ada yg mau membantunya pak. Tak ada. Karena semua orang di sini sudah mati pak. Sudah mati. Kemarin juga sama, ada kecelakaan motor pak. Parah. Berdarah. Tapi tidak ada yang mau menolong korbannya pak. Karena semua orang sudah mati pak. Sudah mati. Tapi ada pemuda yang masih hidup. Hendak menolong ia yang menggelepar. Bukan pak bukan. Ternyata pemuda itu tidak menolong pak. Hanya mengambil gambar dari segala sisi. Mengambil gambar darah yang tercecer. Lalu khusyu’ dengan gadgetnya. Aku tidak tahu apa yang dia lakukan pak. Aku tidak mau tau. Aku takut pak. Aku ketakutan. Aku takut terus disini. Aku takut ikut mati seperti mereka. Aku tidak mau mati pak. Bapak mengelus rambutku. Mendekapku. Menghapus aliran air dimataku. Aku terisak. Aku ingin ikut bapak. Aku ingin ikut bapak. Kemana? Kesana pak. Ke alun alun Syurga.

.

**

Taman Gading, 2016

aku ingin…

Aku ingin berdua saja denganmu menghabiskan senja di bangku taman belakang rumah kita untuk sekedar mendengarmu berceloteh banyak perihal anak anak yang mulai dewasa, cat rumah yang mulai mengelupas, pintu belakang yang selalu berdecit, atau helaian putih yang mulai tumbuh dibalik kerudungmu.
.
.
Ya, aku ingin bersamamu, berdua saja, menyeduh kopi buatanmu yang mulai mendingin sambil menyaksikan pantulan jingga yang terjatuh tepat di kedua bola matamu, menyaksikanmu yang dengan riang menertawai pagi yang terlewat.
.
.
Aku ingin terus menggodamu persis seperti saat pertama dulu engkau menggenapkan separuh agamaku. Bedanya, kali ini aku meledek kulitmu yang mulai mengeriput. Menertawai gigimu yang mulai tanggal. Lalu kau akan memberiku reaksi yang sama sekali tak berubah sejak puluhan tahun lalu, mengoceh tidak terima sambil memukul lenganku kemudian cemberut dan enggan menatapku lagi. Begitu saja seterusnya.

“Abi, masuk, nanti masuk angin. Sudah berdoa untuk Ummi, Bi?” Ah perempuan yang sangat mirip denganmu itu selalu saja datang disaat senja seperti ini dan membuyarkan segala yang telahku bangun.
.
.

Jember, 2015

.
.
#prose #poet #poem #literaryworks #literature #senja #penuaisenja #cahayasenja #sakinahbersamamu #rumahtanggasyurga #rumahpuisi #bukan #puisi #meracau #apaan #kacau

Videobook SmartWriting KMO

Smart-Writing1

 

assalamu’alaykum warrahmatullah wabarrakatuh

bagi anda yang ingin :
– Menyelesaikan naskah Anda yang belum selesai

– Punya minimal satu buku sebelum Anda mati

– Ingin dapat penghasilan dari tulisan Anda

– Ingin meningkatkan branding bisnis Anda

– Ingin meningglkan jejak bagi orang yang Anda cintai ketika sudah tiada

– Ingin mempunyai amal jariyah yang tidak terputus
telah terbit DVD smartwriting dari KMO (kelas Menulis Online)
apaan sih DVD smartwriting ini? jadi DVD smartwiritng ini sebuah videobook ang menjelaskan teknik” menulis dengan otak kanan.

apa aja materi didalamnya ?

Materi DVD:

– 10 Rahasia Kenapa Anda Tidak Akan Pernah Berhenti Menulis

– Teknik Membuat Kebun Ide yang Tak Terbatas

– Membuat Judul Dengan Otak Kanan

– Menemukan Ide dengan Cara yang Belum Pernah Terbayangkan Sebelumnya

– Cara Menulis Cepat Tanpa Berpikir dengan Otak Kanan

– Rahasia Menembus Penerbit Tanpa Penolakan

– 7 Teknik Ces Pleng Agar Buku Anda Best Seller

untuk info lebih lanjut silahkan langsung ke link aslinya : https://bit.ly/1T9EOBV

yang minat beli cuss di link ini juga https://bit.ly/1T9EOBV 🙂

oiya harga dvd smartwritingnya cuma 299.000 aja lhooooo 🙂

 

TESTIMONI :

IMG-20151203-WA0014 IMG-20151203-WA0015 IMG-20151203-WA0016 IMG-20151203-WA0017 IMG-20151203-WA0018 IMG-20151203-WA0019 IMG-20151203-WA0020 IMG-20151203-WA0021 IMG-20151203-WA0022

Berusahalah,  urusan hasil biar Allah yang tentukan

 

“dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu” (QS Maryam 25)

 

Kini tiba waktunya bagi janin tanpa ayah dalam kandungannya itu hadir ke bumi. Tak mudah bagi putri Imran, wanita suci yang tak pernah menyentuh lelaki manapun justru mengandung tanpa ayah. Betapa perih, betapa pedih. Bukan karena salahnya, sang janin adalah karunia langsung dari Rabbnya, kita tau bahwa kelak  janin itu membawa Risalah dari Rabbnya, menjadi penyeru bagi kaumnya , mengajak kaumnya kembali pada agama Ibrahim, agama Tauhid. Wanita itu Maryam namanya.

Al-Quran berkisah bahwa Maryam mengasingkan diri ketempat yang jauh, maka saat tiba waktunya bagi ia melahirkan dan sakit yang teramat mulai menyerangnya, ia ingin menyerah “wahai betapa baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi seseorang yang tak diperhatikan dan dilupakan” begitu rintihnya yang Allah abadikan dalam Qur’an. Dengan lemah ia bersandar pada sebatang kurma, yang dibawahnya mengalir sungai kecil.

Al-Quran kembali mengisahkan, bahwa Allah memerintah Maryam untuk menggoyangkan batang kurma didekatnya, agar ia dapat makan dari kurma itu. Maka, dalam  keadaan tak berdaya ia goyangkan batang kurma itu semampunya. Atas perintah Allah, berjatuhanlah kurma-kurma itu dari batang yang amat kuat lagi kokoh.

Mungkin pernah kita berfikir apa susahnya bagi Allah menjatuhkan kurma-kurma itu begitu saja. mengapa Allah justru memerintahkan wanita lemah nan tak berdaya itu untuk  menggoncang batang kurma yang teramat kuat lagi kokoh? Kini kita faham, dari wanita suci itu kita belajar, bahwa orang se-suci Maryampun Allah minta usahnya untuk memenuhi kebutuhannya, apatah lagi kita. Semua impian, semua keinginan, semua kebutuhan Allah minta usaha kita untuk mengadakannya. Tak ada yang simsalabim didunia ini.

Adam dan Hawa, mereka harus saling mencari selama berpuluh-puluh tahun berjalan bermil-mil sebelum akhirnya Allah pertemukan mereka di Jabal Rahmah. Musa, harus memukulkan tongkatnya pada lautan agar lautan terbelah agar ia bisa lolos dari Fir’aun dan pengikutnya. Nuh, harus membuat Bahtera yang amat besar untuk selamatkan kaumnya yang beriman dari azab Allah. Hajar, berlari kesana kemari untuk mencari air demi bayinya, Ismail. Pun Gurunda kita, Rasulullah SAW harus berlelah-letih, bersusah-payah, sesekali berdarah untuk menyeru umat manusia agar meyakini risalah yang dibawanya. Al-Quran sudah banyak mengisahkan kisah-kisah orang shalih dalam mengikhtiarkan keinginan dan kebutuhannya agar terwujud. Maka, apakah kita akan terus berdiam sembari berharap keinginan dan kebutuhan kita akan terwujud dengan sendirinya? Tentu saja tidak.

Sudah kita hafal luar kepala, dalam Ar-Ra’d 11 telah Allah jelaskan, …sesungguhnya Allah tidak akan mengudah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri… maka berusaha adalah sebuah kepastian yang harus kita lakukan. Namun, kita faham, seperti apa yang ditulis ust. Salim A. Fillah dalam Lapis-Lapis Keberkahan  bahwa karunia tidak selalu datang dari ikhtiarnya diri. Ia bisa saja datang dari arah yang tidak diduga-duga. Seperti kisah Ibunda Hajar yang berlari antara Shaffa dan Marwa mencari air, ZamZam justru terpancar bukan dari jejak-jejak kaki beliau, Zamzam justru memancar dari bekas hentakan kaki Ismail kecil.

Maka, dari para Shalihin-Shalihat terdahulu kita belajar. Allah tidak akan memenuhi kebutuhan kita begitu saja tanpa adanya usaha diri. Maka, berusaha adalah sebuah keniscayaan yang harus kita lakukan. Walau terkadang impian, kebutuhan, atau keinginan tidak selalu terwujud dari jejak ikhtiarnya diri, ia bisa saja hadir dari hal-hal kecil disekitar kita yang tak pernah kita sadari. Maka berusahalah,  urusan hasil biar Allah yang tentukan.

 

Terinspirasi dari kalamNya dan buku Lapis-Lapis keberkahan.

 

Dibawah langit Senja,

Dengan semerbak wangi hujan .

Jember, 2015

 

panggil teh Erna 🙂