Tentang CAMP EPIC RELO US Embassy Jakarta

CAMP EPIC 3 2017

Halo, jadi setelah sedari kemarin bolak balik coba untuk menulis tentang “CAMP EPIC” dengan bahasa yang formal gagal, akhirnya saya memutuskan untuk menulis dengan bahasa yang “apa adanya saya” maafkan kalau rada alay. *mendadak nulis lancar padahal dari kemarin nulis ga selesai-selesai* *andai nulis skripsi bisa selancar ini* *abaikan*

Oke, jadi kalau kalian membaca artikel ini karena dapat arahan(?) dari google itu artinya kalian memang benar benar curious tentang apasih CAMP EPIC itu. Tapi kalau kalian nyasar ke artikel ini karena memang suka stalking saya (ini apa pede banget)… yaaaaaa yaudah baca aja, kali aja infonya bisa di share ke yang lain. Oke abaikan lagi. jadiiii.

Apa sih CAMP EPIC?

CAMP EPIC adalah pelatihan “mengajar” selama 2 minggu yang berbasis camp bagi mahasiswa semester akhir yang memiliki keinginan kuat untuk menjadi guru bahasa Inggris. Perlu digaris bawahi ya, mahasiswa semester akhir. Jadi bukan hanya untuk mahasiswa semester 7 atau 8 saja, tapi juga bisa bagi mahasiswa semester 9 10 11 12 13 14 intinya semester akhir. Kalau mau mendaftar harus benar benar minat untuk menjadi guru? Emmmm. Baiknya sih gitu. Tapi bagi kalian yang tidak berminat menjadi guru juga bisa mencoba, tapi percayalah, sepulang dari camp nanti kalian akan benar benar ngidam jadi guru, ngajar dikelas, de el el. Oke back to the topic.

Jadi CAMP EPIC ini pelatihan mengajar gitu ya? Wah membosankan dong. Ini juga yang saya fikirkan sebelum tau CAMP EPIC tapi etapi, CAMP EPIC ini bukan pelatihan sembarang pelatihan loh. Bukan juga pelatihan ala ala yang hanya duduk, diam, dengarkan lalu pulang. Disini kalian akan benar benar terlibat secara aktif disetiap kegiatan yang dilaksanakan. Kalian juga akan mendapat banyak ide ide segar yang bisa diterapkan saat pulang nanti. Pokoknya you’re gonna have lots lots lots of fun there. Percayalah 😀

CAMP EPIC ini merupakan program dari RELO US Embassy Jakarta. Ha? RELO? Yep. RELO stands for Regional English Language Office, yang merupakan salah satu departemen yang berada di bawah naungan kedutaan besar Amerika. Program ini sepenuhnya dibiayai oleh pihak RELO, mulai dari biaya ojek payung, ojek motor, pesawat, bahkan becak sekalipun, semua dibayarin. Kendaraan apapun yang kita gunakan sampai ke tujuan camp akan di reimburse biayanya termasuk akomodasi dan penginapan selama camp. Masalah makan? Terjamin 3 kali sehari *edisi perbaikan gizi* nantinya kita juga akan mendapat per diem atau bahasa gak kerennya sih uang saku yang jumlahnya amat sangat cukup untuk oleh oleh temen-temen dan keluarga di rumah ngueheheheh.

Nanti selama camp kita akan dipandu oleh 6 counselor dan bebeapa facilitator dari UI serta Fellows dari Amerika. Yang amat saya suka dari CAMP EPIC ini tidak ada perbedaa kasta(?) antara campers (sebutan bagi peserta camp epic), counsellor (para alumni camp epic terpilih), Facilitator, dah juga Fellows. Kita semua bisa membaur, duduk satu meja saat makan, terlibat dalam aktifitas luar ruangan bersama dll. Benar benar tidak ada sekat pemisah. Bahkan Pak Bill (direktur RELO) sempet ikut main kuda-kudaan sewaktu di CAMP EPIC 3 kemarin.

Jadi bagi kalian yang tertarik menjadi campers kalian hanya perlu mengisi fromulir serta surat rekomendasi dari dosen dan ketua jurusan. Biasanya pendaftaran dibuka di akhir bulan oktober atau awal bulan November.

Good luck, see you at CAMP EPIC 4, 2018

*will be edited soon*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s